dampak game onlne di indonesia
Dengan penuh
kegembiraan dan rasa hormat, saya, Dimas Hidayatna, menyapa Anda semua dalam
rangkaian kajian yang menggali perjalanan, pemikiran, dan kontribusi saya dalam
dunia kreativitas. Melalui tulisan ini, saya ingin mengajak Anda untuk
mengikuti jejak langkah saya dalam mewarnai lembaran hidup dengan warna-warna
kreativitas dan inovasi.
Sebagai seorang
mahasiswa Desain Komunikasi Visual di Universitas Indraprasta PGRI (Unindra)
dan tinggal di Depok, perjalanan saya telah diwarnai dengan berbagai pengalaman
yang menggugah pikiran dan hati. Dalam kajian ini, saya ingin membuka ruang
untuk berbagi gagasan, refleksi, dan pandangan yang mungkin dapat memberikan
sinar baru dalam memahami game online di Indonesia
Permainan daring
atau game online telah menjadi bagian integral dari kehidupan banyak orang di
Indonesia. Meskipun seringkali dianggap sebagai hiburan semata, permainan
daring memiliki dampak positif yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan
masyarakat di Indonesia.
Pertama-tama, game
online dapat menjadi sarana hiburan yang menyenangkan dan menghibur bagi
pemainnya. Di tengah kesibukan dan tekanan kehidupan sehari-hari, game online
memberikan kesempatan bagi pemain untuk melepaskan stres dan merasakan
kesenangan serta kepuasan dalam bermain.
Selain itu, game
online juga dapat menjadi media pendidikan alternatif yang efektif. Banyak game
online yang dirancang dengan elemen pendidikan yang terintegrasi, seperti
pembelajaran strategi, keterampilan pemecahan masalah, dan peningkatan
kreativitas. Sejumlah game bahkan mencakup sejarah, budaya, dan pengetahuan
umum yang dapat membantu pemain meningkatkan pengetahuannya secara
menyenangkan.
Game online di Indonesia
kian meningkat pesat dari segi jenis game hingga pamornya,tidak bisa di ungkiri
bahwa game online membawa banyak dampak ke Indonesia seperti pro payer yang
bisa menjadi lapangan pekerjaan baru di Indonesia bahkan sampai membela negara
di ajang kompetisi international seperti sea games dan Asian games. Tapi bukan hanya
dampak positif yang dibawa oleh game online ke Indonesia tetapi ada dampak negatif
juga yang dibawa ke Indonesia seperti yang sedang marakya yaitu peruibahan perilaku
remaja di Indonesia Dimana para remaja menjadi lebih sentimental dan tidak jarang
berkata kasar kepada orang tuanya seperti kasus dari kasus kelurahan maguharjo
kecamatan manguharjop kota madiun yang berhubungan dengan game online Berjudul
mobile legends dari jurnal milik Riska Cahaya Snindya Putri
”dampak game online mobile legends terhadap perilaku remaja lebih pada perbandingan antara pola perilaku remaja pada zaman dulu dan zaman sekarang (modern). Hal ini disampaikan oleh narasumber “FS” yang mengatakan, “perilaku remaja saat ini sangat berbeda dengan perilaku remaja dahulu. Perilaku remaja saat ini memang banyak yang menyimpang, seperti merosotnya moral, kurangnya sopan santun, dan bahkan pergaulan bebas. Hal tersebut terjadi karena adanya faktor-faktor yang mempengaruhinya sesuai dengan perkembangan zaman.” Seperti yang disampaikan “FS” mengatakan bahwa perilaku remaja saat ini banyak yang menyimpang karena pengaruh dari sekitarnya.”
Yang berarti
game online saat ini sangat mempenaruhi merosotnya moral dan sopan santun pada remaja dan
pergaulan bebas yg bisa merujuk ke hal negatif. Walaupun ini tidak serratus persen
kesalahan dari game online karena rata2 game online sekaarang mempunyai pengingat
kepada para pemain nya untuk tidak melakukan hal2 yan negative seperti pemberitahuan
untuk tidak berkata kasar,mengingat waktu ketika main gim agar tidak berlebihan
dll. Disinilah peran orang tua sangat penting
Perilaku kecanduan
game (gaming addiction) pada siswa/anak
terjadi karena adanya faktor
eksternal yaitu pengaruh teman sebaya. Ajakan teman untuk bermin game online sulit untuk
ditolak. Selain itu kepemilikan gadget secara individu
juga merupakan faktor esensial
yang menyuburkan gaming addiction. Oleh karena
itu diperlukan penanganan yang
tidak hanya berfokus pada siswa, melainkan juga institusi dan orang dewasa yang
terkait dengan siswa yaitu guru dan orangtua, sehingga guru dan orangtua dapat
berperan aktif dalam mengenali dan menanggulangi dampak negatif dari bermain
game. Seperti dikutip dari jurnal Dheri Hermawan dan Wahid Abdul Kudus.
Kegiatan ini merupakan
pelatihan yang diberikan kepada
siswa dengan rincian
materi sebagai berikut:
1.Pengetahuan tentang digital culture pada transfer
informasi mengenai digital culture meliputi
definisi, ciri-ciri digital culture, dampak positif dan negatif dari
digital culture, terutama pada bidang pendidikan.
2.Pengetahuan tentang
gaming behaviordan gaming addictionTransfer informasi mengenai gaming behaviordan gaming addictionmeliputi definisi dari masing-masing istilah tersebut, tanda-tanda gaming addiction ,dan jenis-jenis
gaming addiction, serta penyebab dari gaming addiction.
3.Strategi mengantisipasi dan menanggulangi gaming addictionbagi sisw Dengan penuh kegembiraan dan rasa hormat, saya, Dimas Hidayatna, menyapa Anda semua dalam rangkaian kajian yang menggali perjalanan, pemikiran, dan kontribusi saya dalam dunia kreativitas. Melalui tulisan ini, saya ingin mengajak Anda untuk mengikuti jejak langkah saya dalam mewarnai lembaran hidup dengan warna-warna kreativitas dan inovasi.
Sebagai seorang
mahasiswa Desain Komunikasi Visual di Universitas Indraprasta PGRI (Unindra)
dan tinggal di Depok, perjalanan saya telah diwarnai dengan berbagai pengalaman
yang menggugah pikiran dan hati. Dalam kajian ini, saya ingin membuka ruang
untuk berbagi gagasan, refleksi, dan pandangan yang mungkin dapat memberikan
sinar baru dalam memahami game online di Indonesia
Permainan daring
atau game online telah menjadi bagian integral dari kehidupan banyak orang di
Indonesia. Meskipun seringkali dianggap sebagai hiburan semata, permainan
daring memiliki dampak positif yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan
masyarakat di Indonesia.
Pertama-tama, game
online dapat menjadi sarana hiburan yang menyenangkan dan menghibur bagi
pemainnya. Di tengah kesibukan dan tekanan kehidupan sehari-hari, game online
memberikan kesempatan bagi pemain untuk melepaskan stres dan merasakan
kesenangan serta kepuasan dalam bermain.
Selain itu, game
online juga dapat menjadi media pendidikan alternatif yang efektif. Banyak game
online yang dirancang dengan elemen pendidikan yang terintegrasi, seperti
pembelajaran strategi, keterampilan pemecahan masalah, dan peningkatan
kreativitas. Sejumlah game bahkan mencakup sejarah, budaya, dan pengetahuan
umum yang dapat membantu pemain meningkatkan pengetahuannya secara
menyenangkan.
Game online di Indonesia
kian meningkat pesat dari segi jenis game hingga pamornya,tidak bisa di ungkiri
bahwa game online membawa banyak dampak ke Indonesia seperti pro payer yang
bisa menjadi lapangan pekerjaan baru di Indonesia bahkan sampai membela negara
di ajang kompetisi international seperti sea games dan Asian games. Tapi bukan hanya
dampak positif yang dibawa oleh game online ke Indonesia tetapi ada dampak negatif
juga yang dibawa ke Indonesia seperti yang sedang marakya yaitu peruibahan perilaku
remaja di Indonesia Dimana para remaja menjadi lebih sentimental dan tidak jarang
berkata kasar kepada orang tuanya seperti kasus dari kasus kelurahan maguharjo
kecamatan manguharjop kota madiun yang berhubungan dengan game online Berjudul
mobile legends dari jurnal milik Riska Cahaya Snindya Putri
”dampak game online
mobile legends terhadap perilaku remaja lebih pada perbandingan antara pola
perilaku remaja pada zaman dulu dan zaman sekarang (modern). Hal ini
disampaikan oleh narasumber “FS” yang mengatakan, “perilaku remaja saat ini
sangat berbeda dengan perilaku remaja
dahulu. Perilaku remaja
saat ini memang banyak yang
menyimpang, seperti merosotnya
moral, kurangnya sopan santun, dan bahkan pergaulan bebas. Hal tersebut terjadi
karena adanya faktor-faktor yang
mempengaruhinya sesuai dengan
perkembangan zaman.” Seperti
yang disampaikan “FS” mengatakan
bahwa perilaku remaja
saat ini banyak
yang menyimpang karena pengaruh dari sekitarnya.” Yang berarti
game online saat ini sangat mempenaruhi merosotnya moral dan sopan santun pada remaja dan
perggaulan bebas yg bbisa merujuk ke hal negatif. Walaupun ini tidak serratus persen
kesalahan dari game online karena rata2 game online sekaarang mempunyai pengingat
kepada para pemain nya untuk tidak melakukan hal2 yan negative seperti pemberitahuan
untuk tidak berkata kasar,mengingat waktu ketika main gim agar tidak berlebihan
dll. Disinilah peran orang tua sangat penting
Perilaku kecanduan
game (gaming addiction) pada siswa/anak
terjadi karena adanya faktor
eksternal yaitu pengaruh teman sebaya. Ajakan teman untuk bermin game online sulit untuk
ditolak. Selain itu kepemilikan gadget secara individu
juga merupakan faktor esensial
yang menyuburkan gaming addiction. Oleh karena
itu diperlukan penanganan yang
tidak hanya berfokus pada siswa, melainkan juga institusi dan orang dewasa yang
terkait dengan siswa yaitu guru dan orangtua, sehingga guru dan orangtua dapat
berperan aktif dalam mengenali dan menanggulangi dampak negatif dari bermain
game. Seperti dikutip dari jurnal Dheri Hermawan dan Wahid Abdul Kudus.
Kegiatan ini merupakan
pelatihan yang diberikan kepada
siswa dengan rincian
materi sebagai berikut:
1.Pengetahuan tentang digital culture pada transfer
informasi mengenai digital culture meliputi
definisi, ciri-ciri digital culture, dampak positif dan negatif dari
digital culture, terutama pada bidang pendidikan.
2.Pengetahuan tentang
gaming behaviordan gaming addictionTransfer informasi mengenai gaming behaviordan gaming addictionmeliputi definisi dari masing-masing istilah tersebut, tanda-tanda gaming addiction ,dan jenis-jenis
gaming addiction, serta penyebab dari gaming addiction.
3.Strategi
mengantisipasi dan menanggulangi gaming addictionbagi
siswa dan guru Pada
luaran ini ditargetkan
terjadi transfer informasi terhadap
siswa dan guru caracara
menghindari gaming
addiction. Selain itu,
ketika telah terjadi gaming addiction, diharapkan siswa
dan guru tahu cara mengatasinya. Bisa disimpulkan bahwa pengawasan gadget
terhadap anak oleh orang tua itu sangat diperlukan. Apalagi jika anak tersebut
masih dibawah umur
Lalu disamping dari penjelasann dampak negative game online
diantara lain adalah
Dampak Positif Game Online:
a. Kontribusi terhadap Perekonomian: Industri game online di
Indonesia memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian negara.
Melalui pendapatan yang dihasilkan dari penjualan game, iklan dalam game, dan
transaksi virtual, industri ini menciptakan lapangan kerja dan memperluas pasar
ekonomi digital. Selain itu, game online juga menjadi daya tarik bagi turisme
virtual, di mana pemain dari luar negeri dapat menghabiskan uang untuk
pengalaman dalam game yang unik dan menarik.
b. Pembelajaran dan Pengembangan Keterampilan: Bermain game
online tidak hanya tentang hiburan semata, tetapi juga merupakan kesempatan
untuk belajar dan mengembangkan keterampilan. Banyak game dirancang dengan
unsur pendidikan yang terintegrasi, seperti pembelajaran strategi, manajemen
waktu, keterampilan sosial, dan kreativitas. Ini dapat memberikan manfaat yang
positif bagi perkembangan intelektual dan keterampilan individu, terutama
generasi muda.
c. Pembentukan Komunitas dan Jejaring Sosial: Game online
sering kali menjadi tempat di mana pemain dapat berinteraksi, berkolaborasi,
dan membangun hubungan sosial. Komunitas-komunitas dalam game, baik yang
bersifat informal maupun formal, menjadi tempat untuk bertukar informasi,
berbagi pengalaman, dan mendukung satu sama lain. Hal ini dapat memperluas
jejaring sosial pemain, membantu dalam membangun solidaritas, dan menciptakan
rasa kepemilikan terhadap lingkungan virtual yang mereka bangun.
d. Promosi Budaya Indonesia: Banyak game online yang
mengambil latar belakang budaya dan kekayaan alam Indonesia. Dengan memasukkan
elemen-elemen budaya Indonesia ke dalam permainan, industri game dapat menjadi
alat promosi yang efektif untuk memperkenalkan Indonesia kepada pemain dari
berbagai belahan dunia. Ini tidak hanya membantu dalam mempromosikan
pariwisata, tetapi juga meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap warisan
budaya Indonesia secara global.
Setiap dampak positif ini menunjukkan potensi besar yang
dimiliki oleh game online untuk memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia
secara luas. Dengan memahami dan memanfaatkan dampak-dampak ini secara optimal,
kita dapat memperkuat posisi industri game online sebagai salah satu sektor
yang penting dalam perekonomian digital Indonesia.
Sekian kajian dari saya mohon maaf jika ada salah kata semoga
apa yang saya lakukan bermanfaat bagi orang lain
Daftar Pustaka
Hairil Akbar(2020). Penyuluhan Dampak Perilaku Kecanduan Game
Online Terhadap Kesehatan Remaja di SMA Negeri 1 Kotamobagu, 1(2), 42-47
Dheri Hermawan dan Wahid Abdul Kudus (2021). PERAN ORANG TUA DALAM
MENCEGAH ANAK KECANDUAN BERMAIN GAME
ONLINE DI ERA DIGITAL, 2(5), 778-789
Sitti Anggraini, Agustinus Rudi Yanto (2022). EDUKASI
PENCEGAHAN BAHAYA KECANDUAN GAME ONLINE PADA REMAJA DI SMPN ALOK MAUMERE, 1(8)
Komentar
Posting Komentar