dampak game onlne di indonesia

 

  Dengan penuh kegembiraan dan rasa hormat, saya, Dimas Hidayatna, menyapa Anda semua dalam rangkaian kajian yang menggali perjalanan, pemikiran, dan kontribusi saya dalam dunia kreativitas. Melalui tulisan ini, saya ingin mengajak Anda untuk mengikuti jejak langkah saya dalam mewarnai lembaran hidup dengan warna-warna kreativitas dan inovasi.

   Sebagai seorang mahasiswa Desain Komunikasi Visual di Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) dan tinggal di Depok, perjalanan saya telah diwarnai dengan berbagai pengalaman yang menggugah pikiran dan hati. Dalam kajian ini, saya ingin membuka ruang untuk berbagi gagasan, refleksi, dan pandangan yang mungkin dapat memberikan sinar baru dalam memahami game online di Indonesia

  Permainan daring atau game online telah menjadi bagian integral dari kehidupan banyak orang di Indonesia. Meskipun seringkali dianggap sebagai hiburan semata, permainan daring memiliki dampak positif yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat di Indonesia.

  Pertama-tama, game online dapat menjadi sarana hiburan yang menyenangkan dan menghibur bagi pemainnya. Di tengah kesibukan dan tekanan kehidupan sehari-hari, game online memberikan kesempatan bagi pemain untuk melepaskan stres dan merasakan kesenangan serta kepuasan dalam bermain.

  Selain itu, game online juga dapat menjadi media pendidikan alternatif yang efektif. Banyak game online yang dirancang dengan elemen pendidikan yang terintegrasi, seperti pembelajaran strategi, keterampilan pemecahan masalah, dan peningkatan kreativitas. Sejumlah game bahkan mencakup sejarah, budaya, dan pengetahuan umum yang dapat membantu pemain meningkatkan pengetahuannya secara menyenangkan.

  Game online di Indonesia kian meningkat pesat dari segi jenis game hingga pamornya,tidak bisa di ungkiri bahwa game online membawa banyak dampak ke Indonesia seperti pro payer yang bisa menjadi lapangan pekerjaan baru di Indonesia bahkan sampai membela negara di ajang kompetisi international seperti  sea games dan Asian games. Tapi bukan hanya dampak positif yang dibawa oleh game online ke Indonesia tetapi ada dampak negatif juga yang dibawa ke Indonesia seperti yang sedang marakya yaitu peruibahan perilaku remaja di Indonesia Dimana para remaja menjadi lebih sentimental dan tidak jarang berkata kasar kepada orang tuanya seperti kasus dari kasus kelurahan maguharjo kecamatan manguharjop kota madiun yang berhubungan dengan game online Berjudul mobile legends dari jurnal milik Riska Cahaya Snindya Putri

  ”dampak game online mobile legends terhadap perilaku remaja lebih pada perbandingan antara pola perilaku remaja pada zaman dulu dan zaman sekarang (modern). Hal ini disampaikan oleh narasumber “FS” yang mengatakan, “perilaku remaja saat ini sangat berbeda dengan  perilaku  remaja  dahulu.  Perilaku  remaja  saat ini memang  banyak  yang  menyimpang,  seperti merosotnya moral, kurangnya sopan santun, dan bahkan pergaulan bebas. Hal tersebut terjadi karena adanya  faktor-faktor  yang  mempengaruhinya  sesuai  dengan  perkembangan  zaman.”  Seperti  yang disampaikan  “FS”  mengatakan  bahwa  perilaku  remaja  saat  ini  banyak  yang  menyimpang  karena pengaruh dari sekitarnya.” 

Yang berarti game online saat ini sangat mempenaruhi merosotnya  moral dan sopan santun pada remaja dan pergaulan bebas yg bisa merujuk ke hal negatif. Walaupun ini tidak serratus persen kesalahan dari game online karena rata2 game online sekaarang mempunyai pengingat kepada para pemain nya untuk tidak melakukan hal2 yan negative seperti pemberitahuan untuk tidak berkata kasar,mengingat waktu ketika main gim agar tidak berlebihan dll. Disinilah peran orang tua sangat penting

  Perilaku  kecanduan  game (gaming addiction)  pada  siswa/anak  terjadi  karena adanya faktor eksternal yaitu pengaruh teman sebaya. Ajakan teman untuk bermin game online sulit   untuk   ditolak. Selain itu kepemilikan gadget secara   individu   juga merupakan  faktor  esensial  yang  menyuburkan gaming  addiction. Oleh  karena  itu diperlukan penanganan  yang tidak hanya berfokus pada siswa, melainkan juga institusi dan orang dewasa yang terkait dengan siswa yaitu guru dan orangtua, sehingga guru dan orangtua dapat berperan aktif dalam mengenali dan menanggulangi dampak negatif dari bermain game. Seperti dikutip dari jurnal Dheri Hermawan dan Wahid Abdul Kudus.

Kegiatan  ini  merupakan  pelatihan yang  diberikan  kepada  siswa  dengan  rincian  materi sebagai berikut:

1.Pengetahuan tentang digital culture pada transfer informasi mengenai digital culture meliputi  definisi, ciri-ciri digital culture, dampak positif dan negatif dari digital culture, terutama pada bidang pendidikan.

2.Pengetahuan  tentang gaming  behaviordan gaming addictionTransfer  informasi mengenai gaming  behaviordan gaming  addictionmeliputi  definisi dari masing-masing  istilah  tersebut, tanda-tanda gaming addiction ,dan jenis-jenis gaming addiction, serta penyebab dari gaming addiction.

3.Strategi  mengantisipasi  dan  menanggulangi gaming  addictionbagi  sisw  Dengan penuh kegembiraan dan rasa hormat, saya, Dimas Hidayatna, menyapa Anda semua dalam rangkaian kajian yang menggali perjalanan, pemikiran, dan kontribusi saya dalam dunia kreativitas. Melalui tulisan ini, saya ingin mengajak Anda untuk mengikuti jejak langkah saya dalam mewarnai lembaran hidup dengan warna-warna kreativitas dan inovasi.

   Sebagai seorang mahasiswa Desain Komunikasi Visual di Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) dan tinggal di Depok, perjalanan saya telah diwarnai dengan berbagai pengalaman yang menggugah pikiran dan hati. Dalam kajian ini, saya ingin membuka ruang untuk berbagi gagasan, refleksi, dan pandangan yang mungkin dapat memberikan sinar baru dalam memahami game online di Indonesia

  Permainan daring atau game online telah menjadi bagian integral dari kehidupan banyak orang di Indonesia. Meskipun seringkali dianggap sebagai hiburan semata, permainan daring memiliki dampak positif yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat di Indonesia.

  Pertama-tama, game online dapat menjadi sarana hiburan yang menyenangkan dan menghibur bagi pemainnya. Di tengah kesibukan dan tekanan kehidupan sehari-hari, game online memberikan kesempatan bagi pemain untuk melepaskan stres dan merasakan kesenangan serta kepuasan dalam bermain.

  Selain itu, game online juga dapat menjadi media pendidikan alternatif yang efektif. Banyak game online yang dirancang dengan elemen pendidikan yang terintegrasi, seperti pembelajaran strategi, keterampilan pemecahan masalah, dan peningkatan kreativitas. Sejumlah game bahkan mencakup sejarah, budaya, dan pengetahuan umum yang dapat membantu pemain meningkatkan pengetahuannya secara menyenangkan.

  Game online di Indonesia kian meningkat pesat dari segi jenis game hingga pamornya,tidak bisa di ungkiri bahwa game online membawa banyak dampak ke Indonesia seperti pro payer yang bisa menjadi lapangan pekerjaan baru di Indonesia bahkan sampai membela negara di ajang kompetisi international seperti  sea games dan Asian games. Tapi bukan hanya dampak positif yang dibawa oleh game online ke Indonesia tetapi ada dampak negatif juga yang dibawa ke Indonesia seperti yang sedang marakya yaitu peruibahan perilaku remaja di Indonesia Dimana para remaja menjadi lebih sentimental dan tidak jarang berkata kasar kepada orang tuanya seperti kasus dari kasus kelurahan maguharjo kecamatan manguharjop kota madiun yang berhubungan dengan game online Berjudul mobile legends dari jurnal milik Riska Cahaya Snindya Putri

  ”dampak game online mobile legends terhadap perilaku remaja lebih pada perbandingan antara pola perilaku remaja pada zaman dulu dan zaman sekarang (modern). Hal ini disampaikan oleh narasumber “FS” yang mengatakan, “perilaku remaja saat ini sangat berbeda dengan  perilaku  remaja  dahulu.  Perilaku  remaja  saat ini memang  banyak  yang  menyimpang,  seperti merosotnya moral, kurangnya sopan santun, dan bahkan pergaulan bebas. Hal tersebut terjadi karena adanya  faktor-faktor  yang  mempengaruhinya  sesuai  dengan  perkembangan  zaman.”  Seperti  yang disampaikan  “FS”  mengatakan  bahwa  perilaku  remaja  saat  ini  banyak  yang  menyimpang  karena pengaruh dari sekitarnya.” Yang berarti game online saat ini sangat mempenaruhi merosotnya  moral dan sopan santun pada remaja dan perggaulan bebas yg bbisa merujuk ke hal negatif. Walaupun ini tidak serratus persen kesalahan dari game online karena rata2 game online sekaarang mempunyai pengingat kepada para pemain nya untuk tidak melakukan hal2 yan negative seperti pemberitahuan untuk tidak berkata kasar,mengingat waktu ketika main gim agar tidak berlebihan dll. Disinilah peran orang tua sangat penting

  Perilaku  kecanduan  game (gaming addiction)  pada  siswa/anak  terjadi  karena adanya faktor eksternal yaitu pengaruh teman sebaya. Ajakan teman untuk bermin game online sulit   untuk   ditolak. Selain itu kepemilikan gadget secara   individu   juga merupakan  faktor  esensial  yang  menyuburkan gaming  addiction. Oleh  karena  itu diperlukan penanganan  yang tidak hanya berfokus pada siswa, melainkan juga institusi dan orang dewasa yang terkait dengan siswa yaitu guru dan orangtua, sehingga guru dan orangtua dapat berperan aktif dalam mengenali dan menanggulangi dampak negatif dari bermain game. Seperti dikutip dari jurnal Dheri Hermawan dan Wahid Abdul Kudus.

Kegiatan  ini  merupakan  pelatihan yang  diberikan  kepada  siswa  dengan  rincian  materi sebagai berikut:

1.Pengetahuan tentang digital culture pada transfer informasi mengenai digital culture meliputi  definisi, ciri-ciri digital culture, dampak positif dan negatif dari digital culture, terutama pada bidang pendidikan.

2.Pengetahuan  tentang gaming  behaviordan gaming addictionTransfer  informasi mengenai gaming  behaviordan gaming  addictionmeliputi  definisi dari masing-masing  istilah  tersebut, tanda-tanda gaming addiction ,dan jenis-jenis gaming addiction, serta penyebab dari gaming addiction.

3.Strategi  mengantisipasi  dan  menanggulangi gaming  addictionbagi  siswa  dan  guru Pada  luaran  ini  ditargetkan  terjadi  transfer informasi  terhadap  siswa  dan  guru caracara  menghindari gaming  addiction.  Selain  itu,  ketika  telah  terjadi gaming addiction, diharapkan siswa dan guru tahu cara mengatasinya. Bisa disimpulkan bahwa pengawasan gadget terhadap anak oleh orang tua itu sangat diperlukan. Apalagi jika anak tersebut masih dibawah umur

Lalu disamping dari penjelasann dampak negative game online diantara lain adalah

 

Dampak Positif Game Online:

a. Kontribusi terhadap Perekonomian: Industri game online di Indonesia memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian negara. Melalui pendapatan yang dihasilkan dari penjualan game, iklan dalam game, dan transaksi virtual, industri ini menciptakan lapangan kerja dan memperluas pasar ekonomi digital. Selain itu, game online juga menjadi daya tarik bagi turisme virtual, di mana pemain dari luar negeri dapat menghabiskan uang untuk pengalaman dalam game yang unik dan menarik.

 

b. Pembelajaran dan Pengembangan Keterampilan: Bermain game online tidak hanya tentang hiburan semata, tetapi juga merupakan kesempatan untuk belajar dan mengembangkan keterampilan. Banyak game dirancang dengan unsur pendidikan yang terintegrasi, seperti pembelajaran strategi, manajemen waktu, keterampilan sosial, dan kreativitas. Ini dapat memberikan manfaat yang positif bagi perkembangan intelektual dan keterampilan individu, terutama generasi muda.

 

c. Pembentukan Komunitas dan Jejaring Sosial: Game online sering kali menjadi tempat di mana pemain dapat berinteraksi, berkolaborasi, dan membangun hubungan sosial. Komunitas-komunitas dalam game, baik yang bersifat informal maupun formal, menjadi tempat untuk bertukar informasi, berbagi pengalaman, dan mendukung satu sama lain. Hal ini dapat memperluas jejaring sosial pemain, membantu dalam membangun solidaritas, dan menciptakan rasa kepemilikan terhadap lingkungan virtual yang mereka bangun.

 

d. Promosi Budaya Indonesia: Banyak game online yang mengambil latar belakang budaya dan kekayaan alam Indonesia. Dengan memasukkan elemen-elemen budaya Indonesia ke dalam permainan, industri game dapat menjadi alat promosi yang efektif untuk memperkenalkan Indonesia kepada pemain dari berbagai belahan dunia. Ini tidak hanya membantu dalam mempromosikan pariwisata, tetapi juga meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap warisan budaya Indonesia secara global.

 

Setiap dampak positif ini menunjukkan potensi besar yang dimiliki oleh game online untuk memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia secara luas. Dengan memahami dan memanfaatkan dampak-dampak ini secara optimal, kita dapat memperkuat posisi industri game online sebagai salah satu sektor yang penting dalam perekonomian digital Indonesia.

 

Sekian kajian dari saya mohon maaf jika ada salah kata semoga apa yang saya lakukan bermanfaat bagi orang lain

 

Daftar Pustaka

Hairil Akbar(2020). Penyuluhan Dampak Perilaku Kecanduan Game Online Terhadap Kesehatan Remaja di SMA Negeri 1 Kotamobagu, 1(2), 42-47

Dheri Hermawan dan Wahid Abdul Kudus (2021). PERAN ORANG TUA DALAM MENCEGAH ANAK  KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE DI ERA DIGITAL, 2(5), 778-789

Sitti Anggraini, Agustinus Rudi Yanto (2022). EDUKASI PENCEGAHAN BAHAYA KECANDUAN GAME ONLINE PADA REMAJA DI SMPN ALOK MAUMERE, 1(8)

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis semiotika pada poster film your name

literarture review jurnal

penelitian terkait perkembangan sepak bola dunia